Kerja Apa Aja Yang Penting Halal


Kerja Apa Aja Yang Penting Halal


Kerja bagi saya ialah usaha untuk mencari nafkah yang merupakan bagian dari ibadah. Kerja dalam Islam bukanlah untuk mengejar hidup hedonis, bukan juga untuk status, apa lagi untuk mengejar kekayaan dengan segala cara. Tapi untuk beribadah. Bekerja untuk mencari nafkah menurut saya adalah hal yang sangat istimewa dalam pandangan Islam.


Kerja Hukumnya Wajib


Mencari rezeki yang halal dalam agama Islam disebutkan hukumnya wajib. Dengan begitu kerja bukan hanya memenuhi nafkah semata tetapi sebagai kewajiban beribadah kepada Allah setelah ibadah fardlu lainnya.

Kerja apa aja yang penting halal





Dalam pengalaman hidup saya kerja itu apa saja yang penting halal, beberapa pekerjaan yang paling lama saya lakukan ialah sebagai tukang cari rumput dan kuli bangunan.

Selain itu saya juga pernah kerja sebagai tukang jualan ayam, buruh tani, sampai jadi pemulung, Menurut saya kerja tersebut saya lakukan tersebut ialah halal.

Jadilah Fleksibel

Saya sedih akhir-akhir ini anak desa yang jarang sekali mau bertani, padahal jelas-jelas lahir dan hidup didesa, mereka lebih suka bawa motor ngalor ngidul ora ngenah. Sekedar saran saja, kasihan orang tua yang harus ambil meteran buat ngukur tanah yang mau dijual cuma buat beli motor dan Jadilah fleksibel yang mana kita siap diletakan dimana saja, kerja di desa bisa, kerja di kota bisa.

Tips Cepat Mendapatkan Pekerjaan

Berdasarkan pengalaman saya, mencari pekerjaan itu gampang2 susah, faktor rejeki sangat menentukan. Tapi persiapan yang matang itu juga penting. Saya ada dua tips yang saya tau :
1. Skill
Pastikan kamu punya skill yang bisa kamu tawarkan pada perusahaan atau yang dibutuhkan perusahaan.
2. Doa
Kalau penglaman saya sholat wajib yang rajin, sholat sunnah Dhuha dan Dzikir bismillah 999x perhari. Minta juga bantuan orang tua dan keluarga untuk ikut mendoakan.

Kesimpulan

Jika kerja kita sebagai ibadah, Langkah pertama agar bekerja menjadi sebuah ibadah ialah harus diawali dengan niat, sebab amal akan tergantung niat. Niatkanlah bahwa bekerja sebagai salah satu ibadah kepada Allah.
Langkah kedua ialah pastikan dalam bekerja tidak bertentangan dengan ajaran Islam. Untuk itu kita perlu memperhatikan:
Apa yang dikerjakan? Untuk apa kita bekerja? Apakah kita bekerja untuk sesuatu yang dihalalkan oleh agama? Pastikan kita bekerja untuk sesuatu yang tidak bertentangan dengan ajaran agama Islam.
Cara melakukan pekerjaan kita. Apakah cara-cara Anda bekerja sesuai dengan ajaran Islam? Bagaimana dengan pakaian, batasan antara laki-laki dan perempuan, dan sebagainya.
Yang paling penting ialah kerja jangan pilah pilih, apa saja pekerjaan yang kamu dapatkan atau miliki sekarang syukuri dan jalani saja, karena sukses datangnya dari kita sendiri, kadang kita sering lihat orang dengan gaji besar tapi hidupnya tidak bahagia karena banyak hutang dan cicilan, dan sebaliknya orang dengan gaji biasa-biasa saja tapi hidupnya tidak neko-neko dan bahagia karena tidak punya beban hutang dan cicilan.

Artikel ini dibuat untuk menjadikan saya untuk tetep semangat menjalani pekerjaan saya, mohon maaf jika ada kesalahan dan bukan maksud untuk menyindir teman-teman sekalian.

Terima kasih
Muhamad Tobiin

Komentar